Sabtu, 13 Agustus 2016

Kue Lumpur


Beberapa hari yang lalu  lihat-lihat kue lumpur di toko kue. Dari sekedar melihat, eh.. kepikiran pingin bikin kue itu.  Sekalian kebetulan lewat pasar, belanja bahan-bahan yang dibutuhkan. Sampai di rumah enggak langsung bikin, malah tidur. he..he.. Dan besok paginya barulah terlaksana keinginan membuat kue lumpur kentang yang resepnya sudah turun temurun di keluarga besar kami. 

Untuk mendapatkan hasil kue lumpur yang manis,gurih dan legit tanpa bau anyir telur, sebaiknya pilih kentang kuning yang tua atau masyarakat sekitar suka menyebut dengan "Kentang Dieng". Sedangkan untuk telurnya hanya mempergunakan kuning telurnya saja. Oya, santan juga amat mempengaruhi rasa lho.. dibandingkan santan instan siap pakai, rasanya lebih okee memakai santai segar yang diperas langsung dari buah kelapanya. memang repot sih... tapi untuk cita rasa prima... kebayar deh buat repot dan capeknya.


Kue Lumpur Kentang

Bahan: 
250 gr Tepung Terigu serbaguna
250 gr kentang, potong-potong, kukus
200 gr gula pasir
1 st garam halus
1/4 st vanili bubuk
75 gr margarin dilelehkan
2 kuning telur kocok lepas
650 ml santan yang telah direbus dengan 2 lbr daun pandan
kismis untuk hiasan

Cara membuat:
1. Haluskan kentang dengan 500 ml santan dengan blender. Sisihkan.
2. Dalam baskom campur terigu, gula pasir, garam, vanili dan kentang yang telah dihaluskan. Kocok dengan mixer speed rendah hingga sedang sambil dimasukkan sisa santan. Kocok perlahan hingga adonan halus.
3. Tambahkan kuning telur dan margarin cair, lalu aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
4. Siapkan cetakan lumpur. Panaskan dengan api sedang. Olesi cetakan dengan minyak/margarin. Tuang adonan memenuhi cetakan. Lalu tutup selama beberapa menit, beri kismis di tengahnya. Tutup kembali dan panggang hingga kue matang.

Asyiiik... walaupun dengan sedikit memaksakan diri (sebetulnya lagi males baking...), jadi juga si kue lumpur kentang primadona keluarga besar kami. Mari di santap!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar