Sabtu, 13 Agustus 2016

Bagaimana membuat kue yang enak dan disukai banyak orang?

Setiap menjelang lebaran biasanya saya kebanjiran order kue kering. Ada nastar, kastengels, sagu keju, semprit, coklat cip kukis dan aneka kue kering modern lainnya ala kliping resepku. Tapi lebaran lalu ada teman kerja ibu saya yang pesan biji ketapang (kuker jadul asli betawi). Waktu itu saya kaget, soalnya biji ketapang tidak ada dalam brosur jualan kue saya. Saya memang suka membuat kue itu, tapi untuk konsumsi sendiri saja alias tidak dijual. Namanya pelanggan ya dibuatkan juga. Alhasil si biji ketapang pesanan  tante itu sangat disukai keluarganya, dan habis sebelum hari lebaran tiba. Si tante jadi pesan lebih banyak lagi...dan pelanggan saya yang lain juga ikutan pesan...

Nah berikut ini saya berikan resep yang selain mudah diikuti, bahannya terjangkau dan hasilnya luar biasa... Renyah, gurih dan mau lagi...lagi...dan lagi...



BIJI KETAPANG



Bahan:
  • 1 kg. tepung terigu
  • 150 gr. margarin
  • 2 butir telur
  • 350 gr. gula pasir halus
  • 1/2 st. vanili
  • 1/2 st. garam halus
  • 50 gr. wijen putih
  • 200 ml. santan kental dari 1/2 btr.kelapa (rebus jangan sampai pecah)
  • minyak goreng

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula pasir dan vanili sampai gula larut, masukkan margarin dan garam. Kocok terus sampai tercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, aduk dengan sendok kayu. Masukkan santan sedikit-sedikit bergantian dengan wijen, sambil terus diaduk hingga rata dan dapat dibentuk.
3. Pilin adonan seperti batang pensil, lalu potong menyerong. Goreng dalam minyak banyak  dengan panas sedang sampai matang dan warnanya kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Masukkan ke dalam wadah kedap udara (stoples).

Bagaimana? mudah bukan...? oya, perlu diperhatikan juga pemakaian bahan kue yang berkualitas (bukan berarti yang mahal ya...).

Apakah anda ingin tahu resep yang akan saya hadirkan dalam kliping resepku selanjutnya? tetap ikuti blog ini ya...!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar