Laman

Jumat, 07 Februari 2014

KUE KERING - NASTAR


Kita posting foto dan resep kue Nastar yang kemaren lusa kita bikin yuk...Nail..!  ealah...,  fotonya mau di posting kok ga ada ya???  hmm..mungkin perbuatan Nailah nih..yang tangannya ga bisa diam jadi terhapus beberapa file yang mau di unggah. Maklum,  ponakan kecilku ini walaupun kadang-kadang merepotkan tapi bisa juga di suruh-suruh. Tentu saja yang ringan seperti "tolong ambilkan sendok Nail...", "tolong ambilkan tisu Nail...", he..he..he...padahal usianya belum genap 3 tahun. Ya udah...foto kuenya menyusul saja.... lha wong nastarnya sekarang sudah habis tak bersisa kok...

NASTAR

Bahan:
  • 500 gr. Tepung Terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 50 gr. susu bubuk
  • 50 gr. Tepung Maizena
  • 100 gr. butter
  • 250 gr. margarin
  • 100 gr. gula halus
Cara membuat:
1. Kocok butter, margarin, gula halus dan kuning telur sampai tercampur rata. Masukkan campuran tepung terigu, maizena dan susu bubuk yang telah diayak. Aduk menggunakan sendok kayu hingga rata.
2. Bentuk menurut selera, isi tengahnya dengan selai nenas, poles atasnya dengan kuning telur, lalu hias dengan keju parut.

Untuk isinya:
Bahan :  2 bh nenas matang yang sedang
             300 gr. gula pasir
             1/2 st. vanili bubuk

Cara membuat: Parut nanas yang sudah dibersihkan, masak bersama gula pasir dan vanili diatas api kecil sampai kental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan.

      

Minggu, 06 Maret 2011

Tart Pengantin

Bikin tart untuk pengantin... dilihat-lihat kok agak miring yah! Untung yang pesen gak komplain, malah seneng, hi hi hi... pake harga tetangga kali ya...



Marmer Cake




MARMER CAKE
Bahan : 
  • 8 butir telur
  • 200 gr. gula pasir
  • 225 gr. tepung terigu serbaguna
  • 25 gr. susu bubuk
  • 1/4 st. vanili bubuk
  • 1 sm. emulsifier (SP)
  • 150 gr. margarin di lelehkan
  • 1 sm. pasta coklat


Cara membuat:
1. Siapkan loyang tulban, olesi margarin. Campur tepung terigu dengan susu bubuk, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, vanili dan SP sampai putih. Masukkan campuran tepung terigu dan susu. Beri margarin cair, aduk hingga rata.
3. Ambil 4 sendok adonan, beri pasta coklat. Masukkan setengah adonan putih ke dalam loyang, beri adonan coklat, sisakan sedikit. Masukkan sisa adonan putih, beri sisa adonan coklat, kemudian aduk memutar dengan garpu/supit untuk motif marmer. Panggang dalam oven kurleb 30 menit.


Cake marmer ini paling sering saya bikin, karena cara membuatnya gampang sekali.  Kalau ingin membuat variasi lain, pasta coklat bisa anda ganti dengan pasta moka, pasta pandan juga pasta stroberi.  Oke deh dicoba dulu ya.....

Selasa, 15 Februari 2011

Bagaimana membuat Bolu Pelangi yang lembut?

Bolu kukus pelangi ini,  gurih dan lembut. Itu kata para pelanggan saya lho... Anda ingin tahu cara membuatnya? Ayo kita bikin ... pasti ketagihan!. Juga cocok buat arisan atau acara - acara lainnya...






BOLU KUKUS PELANGI




Bahan :

  • 250 gr. gula pasir halus
  • 250 gr tepung terigu
  • 6 butir telur
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh emulsifier cake (SP)
  • 250 ml. Santan kental (yang telah direbus bersama daun pandan, jangan sampai pecah) dinginkan 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh pasta stroberi

Cara membuat :

1.  Siapkan loyang persegi 22x22x6 cm. Alasi dengan kertas roti. Olesi margarin, sisihkan. Panaskan kukusan.
2.  Kocok gula, telur, vanili dan SP sampai lembut dan putih. Masukkan santan yang telah dicampur dengan garam halus. Terakhir masukkan tepung terigu. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
3.  Bagi 3 adonan dengan ukuran yang sama. satu adonan beri pasta pandan(hijau), satu adonan lagi beri pasta merah (stroberi) dan sisanya adonan putih.
4. Tuang adonan merah (stroberi) ke dalam loyang dan kukus selama 5 menit. Berikutnya tuang adonan putih, kukus 5 menit. Terakhir adonan hijau (pandan) dan kukus selama 20 menit sampai matang.
5. Angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang dan siap dipotong menurut selera.


Mudah-mudahan resep kue ini bisa membantu anda yang sedang bingung mencari suguhan sebagai sajian di acara anda. Selamat mencoba!


CAKE KLASIK

Anda ingin mencoba membuat cake enak? Pilih yang ini, cake jadul yang juga banyak dipesan oleh pelanggan saya. Berikut resep kue enaknya.



CAKE KLASIK


Bahan :
  • 300 gr. gula halus
  • 300 gr. margarin
  • 300 gr. tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 6 butir telur
  • 150 ml. susu cair
  • 1 sendok makan coklat bubuk
Cara membuat :

1.  Siapkan cetakan tulban bergaris tengah 22 cm. Olesi dengan margarin. Sisihkan. Panaskan oven.
2.  Kocok gula halus, margarin dan telur sampai lembut. Masukkan vanili dan baking powder. Kocok            kembali sambil dimasukkan telur satu persatu.
3.  Setelah benar-benar lembut, masukkan susu cair dan tepung terigu. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 3-4 sendok makan adonan, beri coklat bubuk.
4.  Tuang setengah bagian adonan putih, lalu tuang adonan coklat menggunakan sendok. Tuang sisa adonan putih,. oven dengan panas sedang hingga matang.

Bagaimana? Mudah bukan.... Cake Klasik ini patut anda coba!

Senin, 31 Januari 2011

Bagaimana membuat kue yang enak dan disukai banyak orang?

Setiap menjelang lebaran biasanya saya kebanjiran order kue kering. Ada nastar, kastengels, sagu keju, semprit, coklat cip kukis dan aneka kue kering modern lainnya ala kliping resepku. Tapi lebaran lalu ada teman kerja ibu saya yang pesan biji ketapang (kuker jadul asli betawi). Waktu itu saya kaget, soalnya biji ketapang tidak ada dalam brosur jualan kue saya. Saya memang suka membuat kue itu, tapi untuk konsumsi sendiri saja alias tidak dijual. Namanya pelanggan ya dibuatkan juga. Alhasil si biji ketapang pesanan  tante itu sangat disukai keluarganya, dan habis sebelum hari lebaran tiba. Si tante jadi pesan lebih banyak lagi...dan pelanggan saya yang lain juga ikutan pesan...

Nah berikut ini saya berikan resep yang selain mudah diikuti, bahannya terjangkau dan hasilnya luar biasa... Renyah, gurih dan mau lagi...lagi...dan lagi...



BIJI KETAPANG



Bahan:
  • 1 kg. tepung terigu
  • 150 gr. margarin
  • 2 butir telur
  • 350 gr. gula pasir halus
  • 1/2 st. vanili
  • 1/2 st. garam halus
  • 50 gr. wijen putih
  • 200 ml. santan kental dari 1/2 btr.kelapa (rebus jangan sampai pecah)
  • minyak goreng

Cara membuat:
1. Kocok telur, gula pasir dan vanili sampai gula larut, masukkan margarin dan garam. Kocok terus sampai tercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, aduk dengan sendok kayu. Masukkan santan sedikit-sedikit bergantian dengan wijen, sambil terus diaduk hingga rata dan dapat dibentuk.
3. Pilin adonan seperti batang pensil, lalu potong menyerong. Goreng dalam minyak banyak  dengan panas sedang sampai matang dan warnanya kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Masukkan ke dalam wadah kedap udara (stoples).

Bagaimana? mudah bukan...? oya, perlu diperhatikan juga pemakaian bahan kue yang berkualitas (bukan berarti yang mahal ya...).

Apakah anda ingin tahu resep yang akan saya hadirkan dalam kliping resepku selanjutnya? tetap ikuti blog ini ya...!